Proposal
Usaha Percetakan Undangan
Disusun
sebagai tugas mata kuliah kewirausahaan
Dosen
Pengampu: Dr. Drs. Sukirman S.Pd. SH. MM.
Disusun Oleh :
Nama : Muhammad Nova Dwi H
NIM : 201511190
Kelas :
Paralel
FAKULTAS
EKONOMI
UNIVERSITAS
MURIA KUDUS
2016
/ 2017
KATA PENGANTAR
uji syukur kami panjatkan kehadirat
Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya sehingga Tugas Mata
Kuliah Kewirausahaan ini dapat selesai tepat waktu. Kami mengucapkan terimakasih
kepada semua pihak yang tidak dapat kami sebutkan satu persatu, yang telah
membantu kami menyelesaikan tugas Proposal Percetakan Undangan. Tentunya tugas
ini masih banyak kesalahan maupun kekurangan di dalamnya. Oleh karena itu kami
sangat mengaharapkan kritik dan saran yang membangun agar tugas kami
selanjutnya menjadi lebih baik dan lebih bermanfaat.
Demikian yang dapat kami sampaikan,
atas perhatian pembaca kami ucapkan terimakasih.
Penyusun
DAFTAR ISI
HALAMAN JUDUL
KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI
ABSTRAK
BAB I PENDAHULUAN
BAB II PROFIL PERUSAHAAN
BAB III STRUKTUR ORGANISASI
BAB IV PRODUK USAHA
- Produk Yang Dihasilkan
- Keunggulan Produk
BAB V ASPEK PEMASARAN
- Gambaran Pasar
- Target / Segmen Pasar
BAB VI RENCANA KEUANGAN
- Asal modal
- Keuntungan
BAB VII PENUTUP
BAB VIII LAMPIRAN
DAFTAR PUSTAKA
ABSTRAK
Perlu diketahui bahwa dalam
berwirausaha memang memerlukan modal, keterampilan, keuletan serta tekad yang
kuat untuk bisa mengembangkan bisnisnya. Banyak dari mereka yang sudah memulai
berwirausaha mengalami kegagalan yang menyebabkan mereka terauma dan kapok
untuk mencoba lagi karena sudah kehilangan waktu dan uangnya, namun sebaliknya,
banyak pula dari mereka yang mencoba dan terus mencoba sehingga usahanya
menjadi sukses.
Dalam proposal ini saya mengangkat usaha percetakan
undangan karena melihat potensi pasar sekarangan yang sangat bagus terutama
pasar online. Percetakan undangan ini banyak keunggulannya di bandingakan
percatakan lainnya, keunggulannya yaitu prosesnya lebih cepat, desain menarik
dan berbeda-beda dan melayani deleveri order untuk area kudus bila di luar
kudus bisa di kirim lewat jasa ekspedisi.
Keywords : percetakan undangan, proposal undangan,
proposan percetakan
PENDAHULUAN
Didalam era modern yang mengarah kepada teknologi komunikasi ini sangat
sulit untuk mencari lapangan kerja yang kiranya dapat memenihi kebutuhan hidup
sehari-hari. Peluang usaha yang semakin sempit juga merupakan salah satu factor
penyebab begitu banyaknya pengangguran. Oleh karena itu, guna mengurangi
tingkat pengangguran yang samakin meningkat dari tahun ke tahun dan dengan
membidik kesempatan dan peluang kerja maka tepat kiranya membuka usaha “Percetakan
Undangan” yang mana belum banyak terdapat di daerah Kudus
Semakin canggihnya teknologi terutama di bidang percetakan modern maka
setiap perusahaan, perkantoran, sarana pendidikan dan lain sebagainya akan
memerlukan jasa percetakan guna mensosialisasikan kegiatan-kegiatan mereka
kepada masyarakat di daerah tersebut. Tentunya di daerah Kudus masih sangat
sedikit masnyarakat yang mengetahui tentang bisnis percetakan digital ini,
sehingga saya berinisiatif untuk membuat suatu usaha percetakan modern yang
bisa di sebut digital printing guna mengurangi angka pengangguran di daerah
Kudus. Usaha Percetakan Undangan ini memiliki prospek yang sangat bagus
kedepannya karena usaha ini masih belum banyak yang mengetahui khusnya di
daerah Kudus. Diharapkan dengan adanya usaha ini akan mampu membuka peluang
kerja bagi masnyarakat yang kreatif dalam bidang ini, sehingga ilmu yang telah
di dapat selama bersekolah dapat merekan pergunakan secara maksimal dalam usaha
bisnis saya ini guna mempermudah media komunikasi dalam masnyarakat.
BAB II
PROFIL PERUSAHAAN
Percetakan Rumah Undangan yang memiliki data perusahaan yang meliputi nama
pemilik, struktur organisasi, alamat perusahaan, romor telepon, E-mail, yang mana data perusahaan ini akan mencerminkan
usaha ini bergerak bidang apa dan produk atau jasa apa yang diproduksi oleh
perusahaan ini. Berikut adalah data dari perusahaan yang penulis rencanakan:
A. Data Perusahaan
Nama Usaha : Percetakan Rumah Undangan
Bidang Usaha :
Percetakan
Jenis Produk/Jasa :
Undangan Pernikahan, Undangan Khitanan,
Kartu Nama, dan Segala Jenis
Cetakan
Alamat
Perusahaan : Jl. Sosorkarotno Kaliputu Gang 2
Rt.01/02 No. 21
Kec. Kota Kab. Kudus
Nomor Telepon :
089609595955
Mulai Berdiri : 2014
Lokasi : Lokasi Strategis di kekat perkotaan /
Sebelah jenang
karomah kudus
Fasilitas Perusahaan : Fasilitas alat masih belum lengkap
B. Data Pemilik
Nama :
Muhammad Nova Dwi Hartono
Jabatan :
Pimpinan
Tempat dan Tanggal lahir :
Kudus, 08 November 1995
Alamat Rumah :
Jl. Sosorkarotno Kaliputu Gang 2 Rt.01/02
No. 21
Kec. Kota Kab. Kudus
Nomor Telepon :
0291 - 431734
Alamat E-mail :
muhammadnova08@gmail.com
BAB III
STRUKTUR ORGANISASI
Struktur
Organisasi Percetakan Makmur Jaya

Struktur organisasi sangat dibutuhkan dalam suatu organisasi. Karena
dengan stuktur organisasi kita dapat memahami bagian dan kerja masing-masing
setiap anggota organisasi yang mana ini juga mencerminkan sikap profesionalisme
suatu perusahaan atau organisasi.
Untuk
saat ini dalam struktur organisasi kami terdiri dari 4 orang termasuk penulis
yang terlibat dalam usaha ini. Dan di bantu oleh beberapa orang karyawan pada
proses produksi. Kedepannya akan lebih banyak lagi tenaga kerja yang akan
diserap.
BAB IV
PRODUK USAHA
Produk Yang Dihasilkan
Produk yang dihasilkan dari usaha ini khususnya adalah Undangan Penikahan
/ Khitanan dan Kartu nama. Dan pada umumnya segala jenis cetakan.
·
Berbagai Jenis Undangan
Menyediakan layanan jasa cetak (percetakan) berbagai
jenis Undangan. Undangan yang akan di cetak akan di desain sebaik mungkin sesuai dengan permintaan konsumen.
Dapat juga ditambahkan dengan ataupun saran dari karyawan yang bertugas sebagai
desain grafis.konsumen akan puas dengan
hasil undangan yang akan di cetak,
karena didesain dan di cetak dengan baik.
·
Identitas Promosi
Perusahaan/Lembaga
Menyediakan layanan jasa cetak (percetakan)
berbagai jenis kartu nama yang menunjukkan
identitas dan media promosi sebuah perusahaan / lembaga. Disajikan dalam berbagai
macam pilihan bahan, ukuran, warna yang
dapat di esuai dengan keinginan konsumen
dengan harga yang terjangkau.
Keunggulan Produk
• Undangan
pernikahan yang selalu berbeda-beda (special design).
• Produk
yang di hasilkan sesuai dengan permintaan pelanggan.
• Pemberian potongan harga (diskon) bagi pelanggan yang memesan banyak.
• Perancangan produk yang terus di kembangkan dengan desain-desain baru yang menarik.
• Penguasaan teknologi produksi sehingga mampu menghasilkan produk dengan
kualitas tinggi
• Pemesanan bisa delevery order
1. Gambaran Pasar
Gambaran pasar dari usaha ini sudah cukup jelas. Mengingat setiap manusia yang hidup di dunia ini pasti ada
keinginan untuk melangsungkan pernikahan.
Apalagi di zaman modern sekarang, hampir dipastikan dalam setiap melakukan
acara resepsi pernikahan memesan undangan untuk mengundang para teman dan
saudara. Jadi, selama manusia masih hidup di muka bumi ini dan masih terus melaksanakan acara pernikahan, selama itu pula kebutuhan manusia
akan undangan akan tetap ada. Ditinjau dari keadaan ekonomi masyarakat kota Kudus
yang cenderung mencari dan membeli barang yang murah tetapi tetap berkualitas maka
kami optimis bahwa produk yang dipasarkan akan
banyak diminati oleh masyarakat.
Kegiatan promosi yang dilakukan adalah sebagai berikut :
• Melakukan Direct Marketing
atau Personal Selling kepada masyarakat dengan sikap yang ramah dan bersahabat
dan menjelaskan keunggulan produk.
• Pembuatan dan penyebaran
brosur dan spanduk di tempat yang strategis dan pusat keramaian.
• Membuat iklan di media
cetak
Target / Segmen Pasar
Target adalah sekelompok pembeli yang mempunyai
sifat-sifat yang sama yang membuat pasar itu berdiri sendiri. Target / Segmen Pasar
dari suatu usaha merupakan penentuan dari
berhasil atau tidaknya pemasaran yang
di lakukan terhadap suatu produk. Cara melakukan segmentasi pasar yang akan dipilih pada usaha ini
adalah Static Attribute Segmentation, yaitu cara mamandang pasar berdasarkan
geografis dan demografis. Berdasarkan geografis berarti pasar dilihat
berdasarkan Negara, wilayah, atau kota. Sedangkan demografis berarti pasar di bagi
berdasarkan pada usia, jenis kelamin, penghasilan, daur hidup keluarga dan
penghasilan.
Target / Segmen Pasar dari produk usaha ini untuk
pembuatan undangan pernikahan / khitanan
adalah seluruh lapisan masyarakat kota
Medan dan sekitarnya. Mengingat kota Kudus terdiri dari berbagai macam
budaya dan etnis. Seperti adat Jawa, Batak, Melayu, Minang, Tionghoa yang
bercampur baur hidup berdampingan. Hal ini tidak membuat pasar
menjadi hilang, bahkan semakin memperluas pasar karena usaha ini juga mencetak undangan untuk adat dan ada pula
undangan untuk etnis Tionghoa. Sedangkan dilihat dari penghasilan, rata-rata penduduk
masyarakat kota Kudus dan sekitarnya sebagian besar bekerja sebagai pegawai dan
buruh. Bisa diperkirakan masyarakat kota Kudus dan sekitarnya memiliki kehidupan dengan ekonomi
menengah kebawah. Tetapi tidak sedikit pula
ada sebagian masyarakat kota Kudus memiliki kehidupan dengan ekonomi keatas. Hal
ini menyebabkan kebiasaan atau pola
piker yang berbeda-beda pula dalam hal membelanjakan uangnya. Dengan demikian, target / segmentasi pasar yang
dituju adalah seluruh masyarakat kota Kudus
Asal modal
Dalam hal keuangan, karena
ini merupakan usaha awal maka sebagai investasi awal untuk mulai menjalankan
usaha ini, kami berharap suntikan dana sebesar Rp. 17.230.000,- dan terlampir sebagai berikut :
Biaya tetap dan investasi
Mesin Laser 1 unit Rp.3.000.000,-
Printer canon ip 2770 2 unit @ Rp. 500.00,-
= Rp. 1.000.000,-
Komputer standar 2 unit @ Rp. 3.000.000.- = Rp. 6.000.000
Meja 2 unit @ Rp. 500.000,- = Rp. 1.000.000,-
Kursi plastik 2 unit @ Rp. 100.000,- = Rp. 200.000,-
Meja 2 unit @ Rp. 500.000,- = Rp. 1.000.000,-
Kursi plastik 2 unit @ Rp. 100.000,- = Rp. 200.000,-
Lemari kaca ukuran 4x1 1 unit 3.000.000,-
Steples 2 buah @ Rp. 30.000,- = Rp. 60.000,-
Catalog Undangan 5 unit @ Rp. 15.000,- =
Rp. 60.000,-
Kertas HVS 3 RIM @ Rp. 40.000,- = Rp.
120.000,-
Total Rp. 14.440.000.-
Total Rp. 14.440.000.-
Biaya Operasional
Gaji 3 orang karyawan @ Rp. 800.000,- = Rp. 2.400.000,-
Biaya Traspot @ Rp.90.000,-
Listrik Rp. 200.000,-
Perawatan bulanan alat-alat = Rp. 100.000
Perawatan bulanan alat-alat = Rp. 100.000
Total Rp. 2.790.000
Jadi total
investasi (biaya tetap +biaya operasional) = Rp. 17.230.000 ( tujuh belas juta dua ratus tiga puluh
ribu rupiah)
Proyeksi Pendapatan Perbulan
1 lembar print = Rp. 500
1 rim = 500 lembar
• Rp. 500 X 500 = Rp. 250.000
• Rp. 250.000 X 3 rim = Rp. 750.000
1 lembar print = Rp. 500
1 rim = 500 lembar
• Rp. 500 X 500 = Rp. 250.000
• Rp. 250.000 X 3 rim = Rp. 750.000
1 undangan
= Rp. 1.500
Rata-rata
mencetak 2500 lembar
•
Rp. 1.500 X 2500 = Rp. 3.750.000
Kartunama 1 box Rp.50.000,-
•
Rp. 50.000 X 40 box/bulan = Rp 2.000.000,-
Total Rp. 6.500.000
Dengan
proses pembuatan usaha kami, maka dapat disimpulkan bahwa setiap usaha akan
dikenali masyarakat bila di tekuni dengan sungguh-sungguh. Berwirausaha
merupakan kegiatan yang dibutuhkan untuk menciptakan atau melakukan sebuah
usaha. Peluang kita dalam berusaha merupakan kemampuan pribadi sebagaimana kita
memiliki sifat percaya diri, berani mengambil keputusan atau resiko,
kepemimpinan, jujur dan tekun, dan selalu berusaha dan unggul dalam memasarkan
produknya.
·
Surat Keterangan Izin Usaha

·
Denah Lokasi



DAFTAR PUSTAKA
Tidak ada komentar:
Posting Komentar