Rabu, 10 Mei 2017

RUMAH UNDANGAN



Proposal

Usaha Percetakan Undangan

Disusun sebagai tugas mata kuliah kewirausahaan
Dosen Pengampu: Dr. Drs. Sukirman S.Pd. SH. MM.


 
Hasil gambar untuk logo umk png

Disusun Oleh :

            Nama             :  Muhammad Nova Dwi H
            NIM               :  201511190
            Kelas              : Paralel



FAKULTAS EKONOMI
UNIVERSITAS MURIA KUDUS
2016 / 2017








KATA PENGANTAR

uji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya sehingga Tugas Mata Kuliah Kewirausahaan ini dapat selesai tepat waktu. Kami mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang tidak dapat kami sebutkan satu persatu, yang telah membantu kami menyelesaikan tugas Proposal Percetakan Undangan. Tentunya tugas ini masih banyak kesalahan maupun kekurangan di dalamnya. Oleh karena itu kami sangat mengaharapkan kritik dan saran yang membangun agar tugas kami selanjutnya menjadi lebih baik dan lebih bermanfaat.
Demikian yang dapat kami sampaikan, atas perhatian pembaca kami ucapkan terimakasih.







Penyusun




DAFTAR ISI

 

HALAMAN JUDUL

KATA PENGANTAR.. 2

DAFTAR ISI. 3

ABSTRAK.. 4

BAB I PENDAHULUAN.. 5

BAB II PROFIL PERUSAHAAN.. 6

BAB III STRUKTUR ORGANISASI. 8

BAB IV PRODUK USAHA.. 9

  1. Produk Yang Dihasilkan. 9
  2. Keunggulan Produk. 9

BAB V ASPEK PEMASARAN.. 10

  1. Gambaran Pasar 10
  2. Target / Segmen Pasar 10

BAB VI RENCANA KEUANGAN.. 12

  1. Asal modal 12
  2. Keuntungan. 13

BAB VII PENUTUP. 14

BAB VIII LAMPIRAN.. 15

DAFTAR PUSTAKA






ABSTRAK

Perlu diketahui bahwa dalam berwirausaha memang memerlukan modal, keterampilan, keuletan serta tekad yang kuat untuk bisa mengembangkan bisnisnya. Banyak dari mereka yang sudah memulai berwirausaha mengalami kegagalan yang menyebabkan mereka terauma dan kapok untuk mencoba lagi karena sudah kehilangan waktu dan uangnya, namun sebaliknya, banyak pula dari mereka yang mencoba dan terus mencoba sehingga usahanya menjadi sukses.
Dalam proposal ini saya mengangkat usaha percetakan undangan karena melihat potensi pasar sekarangan yang sangat bagus terutama pasar online. Percetakan undangan ini banyak keunggulannya di bandingakan percatakan lainnya, keunggulannya yaitu prosesnya lebih cepat, desain menarik dan berbeda-beda dan melayani deleveri order untuk area kudus bila di luar kudus bisa di kirim lewat jasa ekspedisi.
Keywords : percetakan undangan, proposal undangan, proposan percetakan







PENDAHULUAN

Didalam era modern yang mengarah kepada teknologi komunikasi ini sangat sulit untuk mencari lapangan kerja yang kiranya dapat memenihi kebutuhan hidup sehari-hari. Peluang usaha yang semakin sempit juga merupakan salah satu factor penyebab begitu banyaknya pengangguran. Oleh karena itu, guna mengurangi tingkat pengangguran yang samakin meningkat dari tahun ke tahun dan dengan membidik kesempatan dan peluang kerja maka tepat kiranya membuka usaha “Percetakan Undangan” yang mana belum banyak terdapat di daerah Kudus
Semakin canggihnya teknologi terutama di bidang percetakan modern maka setiap perusahaan, perkantoran, sarana pendidikan dan lain sebagainya akan memerlukan jasa percetakan guna mensosialisasikan kegiatan-kegiatan mereka kepada masyarakat di daerah tersebut. Tentunya di daerah Kudus masih sangat sedikit masnyarakat yang mengetahui tentang bisnis percetakan digital ini, sehingga saya berinisiatif untuk membuat suatu usaha percetakan modern yang bisa di sebut digital printing guna mengurangi angka pengangguran di daerah Kudus. Usaha Percetakan Undangan ini memiliki prospek yang sangat bagus kedepannya karena usaha ini masih belum banyak yang mengetahui khusnya di daerah Kudus. Diharapkan dengan adanya usaha ini akan mampu membuka peluang kerja bagi masnyarakat yang kreatif dalam bidang ini, sehingga ilmu yang telah di dapat selama bersekolah dapat merekan pergunakan secara maksimal dalam usaha bisnis saya ini guna mempermudah media komunikasi dalam masnyarakat.
            







BAB II

PROFIL PERUSAHAAN

Percetakan Rumah Undangan yang memiliki data perusahaan yang meliputi nama pemilik, struktur organisasi, alamat perusahaan, romor telepon,    E-mail, yang mana data perusahaan ini akan mencerminkan usaha ini bergerak bidang apa dan produk atau jasa apa yang diproduksi oleh perusahaan ini. Berikut adalah data dari perusahaan yang penulis rencanakan:
A. Data Perusahaan
Nama Usaha                  : Percetakan Rumah Undangan
Bidang Usaha                 : Percetakan
Jenis Produk/Jasa            : Undangan Pernikahan, Undangan Khitanan,
       Kartu Nama, dan Segala Jenis Cetakan
Alamat Perusahaan           : Jl. Sosorkarotno Kaliputu Gang 2 Rt.01/02 No. 21
  Kec. Kota Kab. Kudus                                                                    
Nomor Telepon                : 089609595955
Alamat E-mail                  : muhmmadnova08@gmail.com
Mulai Berdiri                    : 2014
Lokasi                                             : Lokasi Strategis di kekat perkotaan / Sebelah jenang
           karomah kudus
Fasilitas Perusahaan          :  Fasilitas alat masih belum lengkap



B. Data Pemilik
Nama                                                   : Muhammad Nova Dwi Hartono
Jabatan                                                            : Pimpinan
Tempat dan Tanggal lahir                   : Kudus, 08 November 1995
Alamat Rumah                                    : Jl. Sosorkarotno Kaliputu Gang 2 Rt.01/02
  No. 21
                                                              Kec. Kota Kab. Kudus                                                                    
Nomor Telepon                                   : 0291 - 431734
Alamat E-mail                                     : muhammadnova08@gmail.com



BAB III

STRUKTUR ORGANISASI


Struktur Organisasi Percetakan Makmur Jaya


Struktur organisasi sangat dibutuhkan dalam suatu organisasi. Karena dengan stuktur organisasi kita dapat memahami bagian dan kerja masing-masing setiap anggota organisasi yang mana ini juga mencerminkan sikap profesionalisme suatu perusahaan atau organisasi.

Untuk saat ini dalam struktur organisasi kami terdiri dari 4 orang termasuk penulis yang terlibat dalam usaha ini. Dan di bantu oleh beberapa orang karyawan pada proses produksi. Kedepannya akan lebih banyak lagi tenaga kerja yang akan diserap.




BAB IV
PRODUK USAHA


Produk Yang Dihasilkan

Produk yang dihasilkan dari usaha ini khususnya adalah Undangan Penikahan / Khitanan dan Kartu nama. Dan pada umumnya segala jenis cetakan.
·         Berbagai Jenis Undangan
Menyediakan layanan jasa cetak (percetakan) berbagai jenis Undangan. Undangan yang akan di cetak akan di desain sebaik   mungkin sesuai dengan permintaan konsumen. Dapat juga ditambahkan dengan ataupun saran dari karyawan yang bertugas sebagai desain   grafis.konsumen akan puas dengan hasil undangan yang akan di cetak,   karena didesain dan di cetak dengan baik.
·         Identitas Promosi Perusahaan/Lembaga
Menyediakan layanan jasa cetak (percetakan) berbagai  jenis kartu nama yang menunjukkan identitas dan media promosi sebuah perusahaan / lembaga. Disajikan dalam berbagai macam pilihan bahan, ukuran, warna   yang dapat di  esuai dengan keinginan konsumen dengan harga yang terjangkau.

Keunggulan Produk

• Undangan pernikahan yang selalu berbeda-beda (special design).
• Produk yang di hasilkan sesuai dengan permintaan pelanggan.
• Pemberian potongan harga (diskon) bagi pelanggan yang memesan banyak.
• Perancangan produk yang terus di kembangkan dengan desain-desain             baru yang menarik.
• Penguasaan teknologi produksi sehingga mampu menghasilkan produk dengan kualitas tinggi
• Pemesanan bisa delevery order



1.      Gambaran Pasar

Gambaran pasar dari usaha ini sudah cukup jelas. Mengingat  setiap manusia yang hidup di dunia ini pasti ada keinginan untuk   melangsungkan pernikahan. Apalagi di zaman modern sekarang, hampir dipastikan dalam setiap melakukan acara resepsi pernikahan memesan undangan untuk mengundang para teman dan saudara. Jadi, selama manusia masih hidup di muka bumi ini dan masih terus melaksanakan   acara pernikahan, selama itu pula kebutuhan manusia akan undangan akan tetap ada. Ditinjau dari keadaan ekonomi masyarakat kota Kudus yang cenderung mencari dan membeli barang yang murah tetapi tetap berkualitas maka kami optimis bahwa produk yang dipasarkan akan   banyak diminati oleh masyarakat.
Kegiatan promosi yang dilakukan adalah sebagai berikut :
• Melakukan Direct Marketing atau Personal Selling kepada masyarakat dengan sikap yang ramah dan bersahabat dan menjelaskan keunggulan produk.
• Pembuatan dan penyebaran brosur dan spanduk di tempat yang strategis dan pusat keramaian.
• Membuat iklan di media cetak

Target / Segmen Pasar

Target adalah sekelompok pembeli yang mempunyai sifat-sifat yang sama yang membuat pasar itu berdiri sendiri. Target / Segmen Pasar dari   suatu usaha merupakan penentuan dari berhasil atau tidaknya pemasaran     yang di lakukan terhadap suatu produk. Cara melakukan segmentasi   pasar yang akan dipilih pada usaha ini adalah Static Attribute Segmentation, yaitu cara mamandang pasar berdasarkan geografis dan demografis. Berdasarkan geografis berarti pasar dilihat berdasarkan Negara, wilayah, atau kota. Sedangkan demografis berarti pasar di bagi berdasarkan pada usia,  jenis  kelamin, penghasilan, daur hidup keluarga dan penghasilan.
Target / Segmen Pasar dari produk usaha ini untuk pembuatan   undangan pernikahan / khitanan adalah seluruh lapisan masyarakat kota   Medan dan sekitarnya. Mengingat kota Kudus terdiri dari berbagai macam budaya dan etnis. Seperti adat Jawa, Batak, Melayu, Minang, Tionghoa yang bercampur baur hidup berdampingan. Hal ini tidak  membuat pasar  menjadi hilang, bahkan semakin memperluas pasar karena usaha ini juga   mencetak undangan untuk adat dan ada pula undangan untuk etnis Tionghoa. Sedangkan dilihat dari penghasilan, rata-rata penduduk masyarakat kota Kudus dan sekitarnya sebagian besar bekerja sebagai pegawai dan buruh. Bisa diperkirakan masyarakat kota Kudus dan   sekitarnya memiliki kehidupan dengan ekonomi menengah kebawah.   Tetapi tidak sedikit pula ada sebagian   masyarakat kota Kudus  memiliki kehidupan dengan ekonomi keatas. Hal ini menyebabkan kebiasaan atau   pola piker yang berbeda-beda pula dalam hal membelanjakan uangnya.   Dengan demikian, target / segmentasi pasar yang dituju adalah seluruh masyarakat kota Kudus




Asal modal

Dalam hal keuangan, karena ini merupakan usaha awal maka sebagai investasi awal untuk mulai menjalankan usaha ini, kami berharap suntikan dana sebesar Rp. 17.230.000,- dan terlampir sebagai berikut :

         Biaya tetap dan investasi
    Mesin Laser 1 unit Rp.3.000.000,-
    Printer canon ip 2770 2 unit @ Rp. 500.00,-  = Rp. 1.000.000,-
    Komputer standar 2 unit @ Rp. 3.000.000.- = Rp.  6.000.000
    Meja 2 unit  @ Rp. 500.000,- = Rp. 1.000.000,-
    Kursi plastik 2 unit @ Rp. 100.000,- = Rp. 200.000,-
    Lemari kaca ukuran 4x1 1 unit  3.000.000,-
    Steples 2 buah @ Rp. 30.000,- = Rp. 60.000,-
    Catalog Undangan 5 unit @ Rp. 15.000,- = Rp. 60.000,-
    Kertas HVS 3 RIM @ Rp. 40.000,- = Rp. 120.000,-
Total Rp. 14.440.000.-

         Biaya Operasional
Gaji 3 orang karyawan @ Rp. 800.000,-  = Rp. 2.400.000,-
Biaya Traspot @ Rp.90.000,-
 Listrik Rp. 200.000,-
 Perawatan bulanan alat-alat = Rp. 100.000
Total Rp. 2.790.000
Jadi total investasi (biaya tetap +biaya operasional) = Rp. 17.230.000  ( tujuh belas juta dua ratus tiga puluh ribu rupiah)



         Proyeksi Pendapatan Perbulan
1 lembar print = Rp. 500
1 rim = 500 lembar
•    Rp. 500 X 500 = Rp. 250.000
•    Rp. 250.000 X 3 rim = Rp. 750.000
1 undangan  = Rp. 1.500
Rata-rata mencetak 2500 lembar
•    Rp. 1.500 X 2500 = Rp. 3.750.000
Kartunama 1 box Rp.50.000,-
•    Rp. 50.000 X 40 box/bulan = Rp 2.000.000,-
Total Rp. 6.500.000


Keuntungan 
Rp. 6.500.000 – Rp. 2.790.000 = Rp. 3.720.000




Dengan proses pembuatan usaha kami, maka dapat disimpulkan bahwa setiap usaha akan dikenali masyarakat bila di tekuni dengan sungguh-sungguh. Berwirausaha merupakan kegiatan yang dibutuhkan untuk menciptakan atau melakukan sebuah usaha. Peluang kita dalam berusaha merupakan kemampuan pribadi sebagaimana kita memiliki sifat percaya diri, berani mengambil keputusan atau resiko, kepemimpinan, jujur dan tekun, dan selalu berusaha dan unggul dalam memasarkan produknya.




·         Surat Keterangan Izin Usaha



·         Denah Lokasi





 
DAFTAR PUSTAKA


Tidak ada komentar:

Posting Komentar